UNIVERSITAS JEMBER

UNIVERSITAS JEMBER

Senin, 07 September 2015

Profil Pemateri

Agastya Rama Listya


Dilahirkan di Yogyakarta pada tanggal 18 Februari 1968. Memperoleh gelar Sarjana Seni dalam bidang Teori dan Komposisi Musik dari Institusi Seni Indonesia Yogyakarta pada tahun 1992. Gelar S-2  dalam bidang Direksi Paduan Suara di peroleh dari Luther Seminary dan St. Olaf College Minnesota pada tahun 2001. Beliau belajar komposisi di bawah bimbingan RMA.P. Suhastjarja, Slamet Abdul Syukur, Robert Walker, dan Carolyn Jennings. Direksi Paduan Suara di pelajarinya dari Ester Nasrani, I Gusti Ngurah Wiryawan Budhiana, Martin Behrmann, Robert Scholz and Anton Armstrong. Saat ini beliau tengah menempuh tahun kedua studi doctoral dalam bidang etnomusikologi di bawah bimbingan Prof. Dr. Henry Johnson dan Dr. Jennifer Cattermole ( Keduanya merupakan staf pengajar pada Departemen Musik Universitas Otago, Selandia Baru
Beliau menjabat Dekan Fakultas Seni Pertunjukan UKSW selama dua periode berturut – turut yaitu 201 – 2009. Semenjak 2008 – 2013, beliau duduk dalam kepengurusan Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah Jawa Tengah periode 1997 – 1999 dan 2008 – 2011. Semenjak tahun 2009 hingga 2013 merupakan editor Kepala Jurnal Ilmiah Musik Fakultas Seni Pertunjukan UKSW.
Beliau memiliki ketertarikan yang mendalam dalam bidang komposisi dan arasemen music, direksi paduan suara serta masalah – masalah pendidikan. Beberapa karya komposisi musiknya yang meraih penghargaan tingkat Nasional adalah :
·         : “ Pujilah Tuhan dengan Bersorak” dan “ Pujilah Tuhan, Hai Segenap UmatNya” ( Pesparawi Nasional VIII di Medan )
·         “ Theme and variations based on Lagu Gugur by Ismail Marzuki” ( Yazeed Djamin Award )
·         “ Berakar dan Dibangun di dalam Dia” dan bertumbuhlah dan berbuah” ( Pesparawi Nasional IX di Samarinda) ;
·         “ Tuhan Penyelamat dan Kekuatanku”, “ Tuhan Penolong Hidupku” , Tuhan Sang Pemenang”, dan Allah Pembebas dan Penyelamat UmatNya” ( Pesparawi Nasional X di Kendari )
·          “ Hidup Rukun dalam Tuhan “, Indahnya Hidup Rukun, “ Doa Bagi Bangsaku “, “ Berkat Tuhan Bagi Umat yang Hidup Rukun “, dan Hidup Rukun Sungguhlah Indah “ ( Pesparawi Nasional XI di Ambon )
·         Kia Ora ( Sayembara Lomba cipta Lagu Sasando Tingkat Nasional 2014
Selain aktif berkomposisi, Beliau menuangkan buah pikirannya dalam bentuk lima publikasi yaitu :
·         Jalan Orang Benar : Kumpulan Arasemen Lagu Rohani Empat Suara Campuran jilid 1 ( diterbitkan oleh Penerbit Andi Yogyakarta, Juni 2007 )
·         A – Z : Direksi Paduan Suara ( diterbitkan oleh Yumager Jakarta, Juni 2007 )
·         The New Hymns of Faith ( diterbitkan oleh Pustaka Muria, Juli 2007 )
·         Pada Tahun 2008 koleksi arasemen lagu daerah yang di tulis oleh Agastya dan Poedji Soesila berjudul “ Nusantara Persada “ ( diterbitkan oleh Yamuger )
·         Sebuah Risalah Kontrapung Tonal Dua dan Tiga Suara yang di tulis oleh Agastya Rama Listya ( diterbitkan oleh Yamuger bulan Juni 2015


Profil Beliau tercantum dalam edisi ke 30 buku Who’s Who in the World yang diterbitkan oleh Marquis Who’s Who Publications

0 komentar:

Posting Komentar